Berbicara mengenai teknologi memang tidak akan ada habisnya, bahkan saat kita akan tidur saja kita masih menggunakan ponsel untuk melihat informasi terkini. Hal sederhana seperti ini menjadi contoh bahwa perkembangan teknologi telah masuk kedalam sendi kehidupan kita.

Namun sayang, banyak orang yang tidak mampu memanfaatkan teknologi secara baik. Mereka justru memanfaatkan untuk hal yang bisa merugikan orang lain. Seperti pisau, teknologi memiliki 2 sisi, baik sisi positif dan juga sisi negatif. Lalu bagaimana cara kita menyikapinya? Tentu kita harus bisa bijaksana dalam menyikapinya, apa yang baik dan mendukung kehidupan bisa kita manfaatkan. Namun bila teknologi tersebut bisa merusak bahkan membuat mental kita menjadi malas, tentu hal ini harus dihindari.

Tahukah Anda bahwa ada pengaruh gadget pada produktivitas karyawan? Hal ini pasti sudah dirasakan beberapa pimpinan perusahaan yang telah mengelola banyak karyawan dan mereka semua telah mahir dalam menggunaan gadget. Apakah produktivitas mereka berkurang? Atau justru bertambah lebih baik? Simak penjelasan dibawah ini yang mereview beberapa pengaruh gadget pada produktivitas karyawan.

Pengaruh Baik
Setiap teknologi yang diciptakan pasti mempermudah manusia dan karena memang tujuannya seperti itu sehingga diharapkan setiap inovasi dari teknologi yang dibuat mampu mempermudah pekerjaan manusia. Dengan begitu ada beberapa pengaruh baik dari adanya gadget yang berkaitan dengan produktivitas karyawan.

Contoh pada kehidupans sehari-hari adalah dengan memanfaatkan gadget, dalam satu kelompok kerja khususnya karyawan mereka bisa membuat satu grup dimana grup tersebut adalah grup yang membahas mengenai masalah kerja dengan begitu mereka bisa selalu berkomunikasi dimana pun mereka berada. Dengan begitu data dan beberapa informasi lebih cepat tersampaikan dibandingkan harus menyebar informasi melalui papan pengumuman.

Selain itu ketika ada pengumuman mendadak dari kantor, kita bisa dengan mudahnya menggunakan fasilitas pesan siaran yang bisa kita sampaikan kepada siapa saja. Khususnya yang bersangkutan. Dengan begitu kita tidak perlu datang ke kantor untuk melihat informasi apa yang harus dilakukan. Si bos sebagai pemimpin juga dengan mudahnya melakukan controlling terhadap karyawannya.

Demikian adalah efek baik bagi para karyawan terutama mengenai produktivitas kerja sehingga mereka lebih efektif dan lebih mudah mendapatkan informasi. Kelebihan lain terletak pada lancarnya komunikasi antar karyawan ataupun tim sehingga mengurangi dampak miss communication.

Pengaruh Buruk
Selain memiliki pengaruh baik, tentunya gadget juga mengurangi produktivitas karyawan dalam pekerjaan. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Lihat saja berapa banyak karyawan Anda yang justru lebih asyik bermain dengan media sosial mereka dibandingkan menyelesaikan pekerjaan yang menjadi kewajiban mereka? Berapa banyak karyawan yang lebih asyik memegang gadget mereka dibandingkan harus mendengarkan rapat dalam ruangan?

Hal inilah yang disebut sebagai efek negatif dan menurunkan produktivitas kerja karyawan. Mau tidak mau sebagai pemimpin kita harus mengerti dan melakukan pencegahan terhadap keadaan yang terjadi. Bila karyawan Anda mampu menguasai gadget dan memanfaatkannya dengan baik hal tersebut tidak menjadi masalah.

Namun bila hal tersebut justru menurunkan produktivitas karyawan, jangan sampai Anda sebagai pemimpin tinggal diam dan tidak melakukan tindakan. Karena Anda harus mengambil sikap bagaimana caranya mengatasi keadaan tersebut.

Jadi perhatikanlah karyawan Anda dengan memberikan peringatan dan perhatian diawal sehingga sebagai pimpinan kita malakukan tindakan sesuai dengan prosedur.

Facebook Comments

Related Posts