Honda Jet HA 420 akan segera meluncur ke pasaran dan mendapatkan sertifikasi legal. Beberapa industri sudah menerka bahwa pesawat ini akan menjadi terobosan baru di dunia penerbangan. Pesawat ini diprediksi akan mengubah formasi permainan di dunia penerbangan.

Setelah mendapatkan sertifikasi yang keduapuluh tiga dari Badan Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat , AirIinesight Partner Ernest Arvai mengungkapkan bahwa pesawat ini memiliki performa yang sangat tinggi. Mereka menambahkan bahwa pesawat ini merupakan kendaraan sporti di udara.

Selain itu, pesawat ini juga dilengkapi dengan fasilitas ruangan yang lebih memadai sehingga menjadikan pesawat tersebut memiliki nilai jual dan persaingan yang lebih. Arvai mengatakan bahwa Honda Jet ini menawarkan performa yang sangat tinggi dengan kecepatan sekitar 420 knot (770 km/jam), dengan ketinggian sampai dengan 43.000 kaki (13 km). Pesawat ini juga memiliki keunggulan bahan bakar 17% lebih efisien dibandingkan dengan pesaingnya.

Mesin di Atas Sayap Honda Jet

Mesin di Atas Sayap Honda Jet


CEO dari Honda Air Craft, Michimasa Fujino menyebut pesawat ini sebagai Acura pada kelasnya. Pesawat ini akan menjadi bayang- bayang bagi seluruh aspek perubahan dalam dunia bisnis penerbangan. Hal tersebut dilakukan dengan melalui pertimbangan dari apa yang telah Toyota dan Honda kontribusikan terhadap dunia otomotif pada era 1970an. Ada pertanyaan besar terhadap fakta ini. Apakah pesawat ini mampu mencapai apa yang telah diprediksi oleh Honda Motor, sebagai perusahaan yang menaungi produsen pesawat ini. Badan pesawat ini memang diproduksi dengan kualitas yang mumpuni. Investasi pada pesawat ini ditaksir mencapai angka sekitar 1,5 sampai 2 milyar dolar Amerika.

Yang membedakan pesawat seharga 4,5 juta dolar Amerika ini adalah sistem aerodinamik dengan desain yang unik serta adanya material baru yang berkontribusi untuk daya kerja pesawat. Perubahan aerodinamik utama pada pesawat ini berada pada penempatan yang unik dari mesin Honda GE yaitu di atas sayap pesawat. Fujino menerangkan bahwa mulanya dia berpikir kebijakan konvensional yang semacam itu bisa berdampak negatif pada sistem aerodinamik yang ada. Setelah mencoba konsep tersebut pada terowongan angin Boeing, dia membuktikan bahwa kebijakan konvensional dengan meletakkan mesin di atas sayap pesawat merupakan langkah yang efisien. Konsep ini juga mempermudah untuk memperlebar desain badan pesawat sehingga dapat mengoptimalkan kapasitas.

Interior Honda Jet

Interior Honda Jet


Kapasitas Honda Jet

Kapasitas Honda Jet


Arvai mengatakan bahwa dengan mesin di atas sayap, Honda Jet mampu memberikan efek aliran laminer yang alami untuk mengoptimalkan performa aerodinamik pada efisiensi sayap dan kerangkanya. Honda Jet juga memiliki desain yang unik dibandingkan dengan para pesaingnya yang mengaitkan mesin pada kerangka pesawat.

Pengembangan mesin tersebut juga menerobos konsep pembuatan pesawat sejak tahun 1980an di mana rancangan rancangan pesawat menggunakan mesin dari perusahaan lain. Dengan menempuh jalan lain, Honda mengembangkan sendiri terobosan mesin pesawatnya bekerja sama dengan GE Aviation yang secara canggih mengembangkan mesin turbo Honda HF20.

Sambil menargetkan segmen terendah di pasaran, ia mengungkapkan bahwa hal ini merupakan strategi yang panjang bagi Honda dalam mengikuti beberapa langkah para pendahulunya untuk memproduksi secara canggih kelompok pesawat yang dapat bersaing dalam dunia bisnis di seluruh dunia. Bisnis pesawat yang lebih kecil juga dapat mendobrak di pasaran saat permintaan menurun akibat dari pangsa pasar yang mengandalkan jumlah keuangan yang besar. Pangsa bisnis pesawat di pasaran ini telah melakukan perbaikan yang lamban. Oleh karena itu, Honda Jet mengandalkannya peluang ini.

Michimasa Fujino menambahkan bahwa mereka mengembangkan pesawat Honda Jet sebagai perusahaan dengan sistem aerodinamik yang baru dan produk terbaru dari perusahaan tersebut. Adapun produk terbaru mereka adalah pesawat jet ringan yang telah dilengkapi dengan penemuan- penemuan tercanggih.

Kokpit Honda Jet

Kokpit Honda Jet


Mereka mendesain dan melakukan percobaan dan sekarang telah mendapatkan sertifikasi resmi pada terobosan terbaru tersebut. Hal ini merupakan tantangan yang sangat luar biasa bagi mereka. Terakhir kali mereka melihat pesaingnya di pasaran yang mengandalkan potensi semacam ini adalah perusahaan bernama Embraer. Embraer mengembangkan bisnis pesawat yang mereka geluti dengan ranah pesawat militer serta pesawat- pesawat regional lainnya. Pada tahun 2000, mereka memasuki pasaran dengan versi bisnis dari pesawat regionalnya, ERJ 145. Mereka juga memperluas bisnis pesawatnya dengan memproduksi E-190 untuk bersaing dengan bisnis pesawat jet yang lebih luas yaitu Airbus dan Boeing. Lalu, pada hari ini, Embraer telah memiliki 7 jenis pesawat dalam riwayat perkembangan bisnis mereka termasuk keempat desain lainnya yaitu Phenom 100 dan 300 serta Legacy 500 dan 450.

Untuk memasuki pangsa pasar, mereka membuat ketujuh jenis peswat di atas yang kemudian dilengkapi dengan 4 desain baru yang lengkap selama 15 tahun. Hal tersebut merupakan fakta dan sebuah prestasi yang sangat luar biasa dari sebuah industri yang bergerak dalam dengan terobosan desain terbaru dari desain yang pernah ada sebelumya.Terobosan tersebut secara nyata telah menggeser posisi Cesna, Gulfstream, Dassault, Bombardier, dan lainnya. Dengan contoh Embraer sebagai pembuat terobosan di perusahaan penerbangan, Honda Jet kemungkinan besar akan melakukan hal serupa.

Itulah informasi Honda Jet yang telah memproduksi pesawat Jet dengan segala keunggulannya. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa Honda Jet akan menjadi “Game Changer” bisnis penerbangan.

Facebook Comments