Dampak Smartphone pada Kehidupan Manusia
Komunikasi memiliki arti penting dalam kehidupan manusia. Hal ini karena komunikasi menjadi proses sistematik bertukar informasi atau pesan. Manusia saling bertukar pesan dengan cara menjalin komunikasi kepada individu yang dimaksud. Komunikasi yang dilakukan bisa mengubah budaya masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada dalam 2 dasawarsa terakhir ini terbukti memberi dampak perubahan yang menyeluruh pada aspek kehidupan manusia.

Manusia Sebelum dan Sesudah Ada Smartphone

Ini Beda Aktivitas Manusia Sebelum dan Sesudah Ada Smartphone

Sekarang ini sangat terasa bahwa dunia informasi menjadi satu kebutuhan tersendiri yang tidak bisa ditawar lagi. Fakta tersebut menegaskan bahwa adanya perkembangan teknologi turut berkontribusi pada perkembangan cara berkomunikasi. Bila jaman dulu manusia sebatas melakukan komunikasi dengan orang lain secara tata muka langsung, maka dengan adanya perkembangan teknologi yang sudah ada proses komunikasi bisa tetap dilakukan tanpa perlu takut dengan batasan jarak, tempat, dan juga waktu. Lantas apa saja beda aktivitas manusia sebelum ada telepon dengan saat ini dimana era smartphone tengah digandrungi? Berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga: Pengaruh Gadget pada Produktivitas Karyawan

Pengiriman Pesan Berlangsung Lebih Cepat
Sebelum ada telepon penyampaian pesan atau informasi jarak jauh dilakukan dengan bertukar surat. Hingga beberapa waktu kemudian berkembang dengan teknologi telegram. Kedua cara tersebut dulu cukup membantu saat itu, hanya saja proses pengiriman pesan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk pengiriman pesan melalui surat misalnya, bila jarak memang cukup jauh bisa sampai berminggu-minggu lamanya. Sehingga di era seperti sekarang ini yang menutut serba cepat kedua cara tersebut dirasa kurang memadai. Adapun setelah adanya telepon proses pengiriman pesan dan informasi bisa lebih cepat dan semakin praktis setelah adanya smartphone. Pasalnya smartphone tidak hanya dapat digunakan untuk telepon saja, tetapi juga bertukar pesan, chat, email, atau lainnya. Tidak peduli seberapa jauh jarak yang memisahkan pengiriman pesan bisa berlangsung lebih cepat dan mudah.

Cara Baru Mencari Informasi
Smartphone dapat pula digunakan untuk mengakses internet seperlu berburu informasi penting yang dibutuhkan. Sebut saja misalnya berita terkini. Bila sebelum ada telepon orang kebayakan mengandalkan sumber informasi dari koran atau majalah, setelah memasuki era smartphone sumber informasi bisa didapat secara mudah hanya dari genggaman. Dengan bermodal smartphone yang didukung akses internet lancar, maka informasi apapun bisa dicari secara mudah dan cepat. Mulai dari berita, entertaiment, tips-tips, atau informasi lainnya. Hebatnya lagi informasi yang didapat tidak melulu berupa teks, tetapi juga bisa berupa audio ataupun video. Inilah mengapa kini minat masyarakat akan surat kabar didapati menurun cukup drastis. Lebih dari itu smartphone canggih yang memang dirancang khusus juga mendukung kegiatan pengolahan data seperlu menunjang aktivitas kerja.

Jauh Terasa Dekat, Dekat Terasa Jauh
Sayangnya selain memberi dampak positif, era smartphone nyatanya belum terlepas dari dampak negatif. Bila diamati sekarang ini pengguna smartphone terlihat cukup sibuk dan bahkan seolah tidak bisa lepas dari gadget canggihnya barang 1 menit pun. Sehingga tidak jarang seorang user didapati sibuk menggunakan smartphonenya padahal tengah berkumpul dengan beberapa orang lain. Inilah mengapa smartphone juga memberikan dampak mendekatkan mereka yang jauh tetapi malah menjauhkan mereka yang dekat. Ringkasnya perkembangan teknologi menyebabkan menurunnya kepedulian pada orang-orang di sekitar. Tentunya dampak ini dapat diminimalisir dengan menumbuhkan kesadaran pada masing-masing individu bahwa berkumpul dan berbicang bersama teman atau keluarga tanpa smartphone di tangan itu lebih menyenangkan.

Facebook Comments

Related Posts