Dibidang pertanian Indonesia harus banyak belajar dari negara tetangga, Thailand. Selain sudah mampu memenuhi kebutuhan mereka sendiri dibidang pangan, negara ini juga sudah berhasil mengekspor berbagai produk pertaniannya. Thailand termasuk kedalam salah satu negara yang berhasil mengembangkan pertaniannya, terutama dalam menghasilkan beras dengan mutu yang tinggi padahal negeri gajah putih ini hanya memiliki lahan seluas pulau Sumatera, dengan tidak sebuah lahannya subur. Lalu apa sebenarnya yang membuat produk pertanian Thailand begitu unggul, mengingat Thailand tidak memiliki lahan yang luas dan subur seperti halnya di Indonesia? Inilah yang menyebabkan produk pertanian Thailand lebih unggul dibandingkan dengan Indonesia

Ketersediaan Pasokan Air untuk Pertanian
Masyarakat Thailand sangat menjaga kualitas air, mereka senantiasa menjaga kebersihan sumber airnya baik itu di sungai, di danau maupun di laut. Kondisi ini tentu sangat baik dalam pengembangan pertanian yang memang membutuhkan ketersediaan air dalam memenuhi kebutuhan pertanian terutama untuk irigasi lahan padi, sehingga produktivitas lahan pertanian pun meningkat.

Tidak Turut Membawa Sampah ke Kota Setelah Masa Panen
Di bidang agro bisnis dan industri agro, Thailand menggunakan sistem supply chain management nasional Thailand. Prinsip ini cukup efektif sebagai media pendistribusian berbagai produk pertanian dengan tidak turut membawa sampah yang diperoleh dari lahan pertanian ke kota setelah masa panen tersebut. Berbagai produk pertanian ini akan disalurkan di sepanjang rantai distribusi, dimana setiap pergerakan dalam pendistribusi berbagai produk pertanian Thailand ini hanya membawa produk telah yang lulus kualitas, keseragaman ukuran serta kebersihannya. Setelah dinyatakan memenuhi berbagai syarat tersebut berbagai produk pertanian ini dikemas dalam sebuah karton yang dilengkapi dengan label serta informasi mengenai isinya termasuk ukuran, keterangan sudah memenuhi syarat kualitas serta kebersihan. Produk pertanian ini pun sudah siap untuk didistribusikan termasuk untuk kepentingan ekspor.

Sistem Tanam Padi di Thailand
Dalam menanam padi, negara yang dikenal dengan julukan gajah putih tersebut menggunakan sistem System of Rice Intensification organik atau SRI organik. SRI merupakan pola menanam padi dengan pola kerja yang intensif yaitu meliputi:
• penggunaan bibit muda
• jarak penanaman yang relatif lebar
• penanaman dilakukan dengan segera
• penanaman dilakukan secara dangkal
• pengaturan air yang memasuki lahan persawahan
• penyiangan gulma dengan mekanis
• penggunaan kompos atau bahan organik.
Sedangkan diberlakukannya sistem organik sendiri karena penggunaan berbagai bahan yang diperlukan oleh tanaman seperti kompos, pupuk, pestisida yang diperlukan sebagai penyubur tanah dan untuk mengendalikan hama tanpa menggunakan bahan kimia sedikit pun sehingga dianggap lebih aman untuk dapat dikonsumsi. Penggunaan sistem organik ini juga sebagai upaya untuk melindungi tanah, menjadi kontrol biologis serta keragaman hayati.

Pola tanam SRI Organik memberi banyak keuntungan, dalam hal produktivitas pola tanam padi dengan sistem ini mengalami peningkatan terutama di musim tanam pertamanya jika dibandingkan dengan sistem konvensional. Keberhasilan sistem ini juga sangat dipengaruhi oleh kondisi tanah, cuaca serta lingkungan lahan yang menjadi lokasi tanam.

Teknologi Budidaya Tanaman yang sudah Maju
Sudah sejak lama Thailand dikenal sebagai salah satu negara dengan teknologi budidaya tanaman yang sudah maju. Dengan menggunakan riset dan rekayasa teknologi dengan melibatkan para ahli serta pakar dunia, Thailand menggunakan bibit unggul dalam menghasilkan produk pertanian yang juga unggul. Bibit unggul tersebut diproduksi dalam program pemerintah, program Raja, program swasta serta program universitas, setelah melakukan berbagai riset untuk memperoleh bibit produktif dan efisien. Dalam penggunaan bibit unggul ini terdapat beberapa kebijakan budidaya tanaman yang berlaku untuk pertanian Thailand salah satunya adalah pola monokultur. Pola monokultur ini juga dapat memberi keseragaman output, daya saing ekspor meningkat, penanganan pasca panen lebih mudah serta salah satu upaya untuk pengendalian penyakit tanaman.

Dengan didukung oleh beberapa kebijakan disektor pertanian, Thailand menawarkan harga untuk berbagai produk pertanian yang terjangkau dengan kualitas yang baik.

Facebook Comments

Related Posts