Berkah

Internet dan media sosial (medsos) sangatlah mengagumkan karena memungkinkan kita untuk mencari berbagai informasi. Mengirim pesan dapat dilakukan dengan cepat tanpa batas dan jarak. Kita bisa mencari berapa kilometer jarak bumi ke bulan, atau melihat foto planet mars dari dekat. Dapat pula berbagi informasi dengan 100 orang sekaligus, ngobrol dengan teman-teman tanpa peduli lokasi mereka ada di mana. Mudah membuat album foto, menyimpan lagu, dokumen dengan gratis. Mau pesan makanan atau cari tukang ojek, tinggal buka satu aplikasi. Yang jelas, sekarang jualan online lebih mudah berkat adanya internet dan medsos. Internet bermanfaat sekali bukan?

Kutukan

Lain halnya dengan orang yang sudah berbuat salah. Berita, video atau gambarnya terpampang di internet, maka akan tersimpan selamanya. Biarpun orang itu sudah taubat, sampai kapanpun berita tentang dia tetap tersimpan di internet. Menakunkan bukan?

Twitter

Masih ingat dengan seorang politikus yang menyampaikan keluh kesahnya saat nyasar di simpang semanggi, dan kemudian viral?


Tentu masyarakat juga tahu siapa mantan presiden yang paling sering curhat di twitter.
Mungkin keluh kesah tadi hanyalah sebuah perasaan yang sangat manusiawi, akan tetapi hal ini menjadi bahan pembicaraan dan bahkan tercipta cemoohan dari beberapa kalangan. Sampai muncul meme video ini.

Instagram

Ada ungkapan bahwa satu gambar bisa bermakna seribu kata. Artinya sebuah gambar yang buruk juga akan menyebabkan seribu kali kemungkinan yang tidak menyenangkan pula. Pernah ada mantan presiden sekeluarga berfoto di pinggir pantai dengan menggunakan busana batik lengkap dan terlihat sangat formal. Menjadi perbincangan. Dan hal lain sampai muncul berita ‘7 Kemarahan Ani Yudhoyono di Instagram yang Paling Menghebohkan!’

Facebook

Di Indonesia, medsos ini memiliki pengguna terbanyak dibanding medsos lain. Yang selalu menjadi ramai adalah isu tentang politik, agama dan rasial. Topik perdebatan berganti-ganti seperti bergantinya musim. Saat pilkada akan ramai sekali dengan hoak, fitnah dan kampanye negatif. Lebih banyak mana antara kampanye positif dan negatif di FB? Bulan yang sedang berjalan juga sangat mempengaruhi perdebatan di FB ini, bulan september pasti isu kebangkitan PKI.

Lindungi privasi anda, berhati-hatilah dengan foto dan video yang sangat pribadi. Atau pertimbangkan dengan baik saat membuat dan menyimpan dokumen pribadi.

Cara terbaik lainnya agar tidak tersudut adalah jangan mem-posting sesuatu yang menyinggung secara online. Jika ada sesuatu hal yang baik maka posting lah.

Baca juga: Pengaruh Smartphone pada Kehidupan Sosial

Facebook Comments

Related Posts