Inggris sedang membangun jalan raya dengan teknologi masa depan. Bulan lalu negeri itu telah mengumumkan sebuah uji coba jalan raya elektrik yang bisa memberi energi listrik pada mobil – mobil bertenaga listrik. Ya, dengan adanya jalan raya seperti ini, Anda bisa mengisi ulang (charging) baterai mobil listrik selama berkendara. Teknologi ini akan memungkinkan Anda mengisi ulang baterai tanpa harus berhenti di stasiun pengisian dan perjalanan pun akan terasa menghemat waktu jauh lebih banyak.

Inggris bukanlah negara pertama yang menjalankan konsep ini. Sebelumnya Belanda juga sudah melakukan penelitian untuk membuat Jalan Raya Cerdas semacam ini yang diinspirasikan teknologi – teknologi baru untuk menciptakan jalan bertenaga listrik lainnya. Korea Selatan juga telah membangun jalan raya sepanjang 15 mil dengan tenaga kabel listrik. Rencananya Inggris akan membangun yang lebih besar, dimulai dari uji coba selama 18 bulan.

Inggris telah mengeluarkan banyak uang untuk memperbaharui teknologi pada infrastruktur mereka yang sudah mulai tua. Highways England, agen pemerintah yang bertanggung jawab pada pembangunan dan perawatan jalan raya di negara itu, telah berencana untuk memasang stasiun isi ulang listrik di setiap 20 mil sepanjang jalan raya A1. Rencana ini merupakan bagian dari strategi investasi negara tersebut pada jalan raya dimana pemerintahnya telah mengeluarkan dana sebesar 17 milyar USD untuk memperbaharui sistem transitnya.

Jalan Raya Plus Tempat Isi Ulang Energi Mobil Listrik di Inggris

Jalan Raya Plus Tempat Isi Ulang Energi Mobil Listrik di Inggris


Sejalan dengan semakin populernya kendaraan bertenaga listrik di Inggris membuat pemerintah negeri ini merasa sangat perlu untuk membiayai infrastruktur tersebut. Ada sekitar 9.000 kendaraan baru beremisi rendah telah didaftarkan untuk dipasarkan di Inggris selama tiga bulan pertama di tahun ini. Kendaraan yang paling populer adalah Nissan Leaf dan Mitsubishi Outlander. Kendaraan – kendaraan beremisi rendah ini akan sangat mendukung kampanye Go Ultra Low di negara ini; yang akan memberikan hadiah sebesar 35 juta dolar untuk empat kota di Inggris yang memiliki tingkat emisi karbon paling rendah. Pada tahun 2014, sebanyak 14.000 mobil beremisi rendah telah terjual dan lebih dari 20 jenis mobil listrik telah tersedia di pasaran Inggris.

Menteri Bidang Transportasi Inggris Andrew Jones sangat bersemangat menyambut teknologi baru ini. Beliau mengatakan bahwa teknologi jalan raya yang bisa mengisi ulang baterai pada mobil beremisi rendah menawarkan potensi keuntungan yang sangat menarik di banyak sektor. Beliau menambahkan bahwa pemerintah Inggris juga telah menyiapkan dana sebesar lebih dari 500 juta poundsterling untuk lima tahun kedepan untuk membuat negeri Inggris terdepan dalam teknologi ini. Selain itu, pembangunan jalan raya berteknologi tinggi ini juga akan meningkatkan lapangan kerja dan perkembangan pesat pada sektor tersebut.

Pada rancangan tersebut, mobil – mobil listrik akan terhubung pada Wifi dan diuji coba pada jalan raya yang memiliki kabel dan teknologi pengisian ulang listrik di bawah tanah; keterangan detil dari teknologi ini akan dijelaskan beberapa waktu lagi di tahun ini. Tetapi uji coba pertama kali akan dilakukan pada jalan raya tiruan. Selanjutnya apabila semua berjalan lancar, semua keperluan dan detilnya akan diperhitungkan lebih jauh lagi dan kemudian akan diuji coba di jalan raya sungguhan. Pemerintah Inggris tidak hanya berhenti pada pembangunan jalan raya berteknologi listrik ini saja. Mereka telah menyiapkan anggaran paling tidak sejumlah 780 juta USD untuk membuat kendaraan beremisi rendah lebih populer lagi di tahun 2020.

Baca Juga: Berapa Lama Tesla Motor Menciptakan Mobil Listrik?

Sumber: forbes, citylab

Facebook Comments