Teknologi selalu berkembang. Manusia kini semakin dimanjakan oleh teknologi yang mempermudah setiap pekerjaan. Dimanapun kita dapat menemukan mesin yang dapat meringankan pekerjaan, mulai dari berkomunikasi hingga bepergian. Bahkan kini kita sudah dikenalkan dengan mesin yang dapat melakukan kegiatan manusia atau di kenal dengan humanoid robot. Humanoid robot tidak dicetuskan dari disiplin elektronika melainkan ilmuwan biologi dan penulis scenario drama pada abad XVIII. Para ilmuwan biologi berharap memiliki makhluk yang dapat melakukan semua pekerjaan dan dapat menuruti setiap keinginan mereka. Namun keinginan tersebut tidak terwujud, namun malah dijadikan naskah drama oleh para penulis naskah drama.

Pada abad XIX para insinyur teknik mulai menciptakan humanoid robot. Pada awalnya mereka membuat boneka tiruan manusia yang dapat menggerakkan tubuhnya. Dan pada tahun 1920 insinyur elektronika telah mulai merakit robot berbentuk manusia ini. Namun tetap belum sempurna karena belum memiliki sensor dan kemamapuan yang cepat karena belum dapat dimasuki komputer sebagai controler. Pada masa itu ukuran komputer masih sangat besar sehingga belum dapat diaplikasikan.

Pada 1950-an para insinyur elektronika mulai mengembangkan humanoid robot cerdas dengan kontrol komputer didalamnya. Semakin berkembangnya teknologi komputer dan ukurannya yang semakin kecil membuat pekerjaan para insinyur semakin dipermudah. Humanoid robot mulai mampu melakukan pekerjaan seperti manusia. Humanoid robot diciptakan dengan pemrograman kecerdasan buatan sehingga memiliki kecerdasan yang menyerupai otak manusia. Para humanoid robot ini mulai dapat mengambil keputusan dan kesimpulan dari sesuatu dengan cara menalar sesuai dengan pengalaman yang mereka miliki.

Berbicara tentang industri robot tersebut, maka negara jepanglah yang memiliki antusiasme yang tinggi dan menciptakan berbagai jenis humanoid robot. Robot telah berkembang di jepang sejak zaman Edo yaitu sekitar tahun 1603-1867 yang diberi nama Karakuri Ningyo. Beberapa humanoid robot buatan jepang yang dapat anda ketahui antara lain:

1. Asimo
Asimo ini adalah humanoid robot yang diciptakan oleh Honda Motor Company. Asimo memiliki tinggi 30 cm dan berat 54 kg. Kalau anda melihat Asimo maka anda akan melihat seorang astronot kecil di bumi. Humanoid robot Asimo ini memiliki kecepatan sekitar 6 km/jam. Humanoid robot Asimo ini dapat memberi respon ketika namanya dipanggil, melihat wajah seseorang yang mengajaknya bicara, dan mengenali bunyi dari benda yang jatuh.

Sejarah dan Perkembangan Humanoid Robot ASIMO

Humanoid Robot ASIMO

2. Actroid
Actroid merupakan robot dengan tampilan yang sangat mirip dengan manusia. Actroid ini dikembangkan oleh universitas Osaka dan pemroduksinya Kokoro Company Ltd. Humanoid robot satu ini terlihat seperti wanita muda keturunan jepang. Kemampuan actroid ini antara lain bernafas, mengedipkan mata, dan berbicara. Kulitnya putih bersih seperti wanita jepang karena terbuat dari silicon sehingga tampak seperti kulit asli.

Sejarah dan Perkembangan Humanoid Robot ACTROID

Humanoid Robot ACTROID

3. Q-Rio
Q-Rio merupakan robot yang diluncurkan oleh Sony Dream Robot (SDR). Q-Rio memiliki berat 7,3 kg dan tinggi 0,6 meter. Nama Q-Rio merupakan singkatan dari Quest for Curiosity. Q-Rio ini memiliki keahlian mampu mengenali dan mengingat suara seseorang. Selain itu, humanoid robot Q-Rio ini juga memiliki kemampuan lain yaitu mampu mengenali lingkungan sekitarnya, mampu melakukan perintah, dan berjalan.

Humanoid Robot QRIO

Humanoid Robot QRIO

Humanoid robot kini tengah berkembang dengan pesatnya. Saat ini google (sekarang alfabet) juga turut mengembangkat bisnis robot. Persaingan humanoid akan berkembang semakin seru.

Facebook Comments

Related Posts